Batu Permata : ~ Keindahan Alam Yang Tak Pernah Surut ditelan Waktu, Dean Permata Indonesia - We Provide a Variety of Good Quality ~

Butuh Bantuan? Customer Service Dean Permata siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » » Batu Peridot – Olivine Berkualitas Tinggi

Batu Peridot – Olivine Berkualitas Tinggi

Artikel Ini Ditulis Oleh Muh Taufik B Pada: 10 June 2016 | Kategori:

gambar artikel batu permata peridot

 

“Batu dari matahari’’ begitulah peradaban Mesir kuno menyebut batu Peridot. Batu ini merupakan salah satu batu paling tua di dunia, terbentuk bermilyar-milyar tahun lamanya. Batu Peridot merupakan batu jenis Olivine yang paling berkualitas. Hingga hari ini, batu Peridot merupakan batu yang sangat diapresiasi oleh banyak gemlovers dunia terutama karena warna hijau bercahaya dan sejarahnya yang sangat mengagumkan. Batu Peridot merepresentasikan cinta, kenyamanan dan keterbukaan sehingga sangat disukai oleh banyak raja-raja pada zaman lampau terutama pada era kekuasaan Fir’aun di tanah Mesir.  Batu Peridot ini bahkan disebut dengan Evening Emerald karena nuansanya yang begitu mellow, lembut sekaligus penuh cahaya.

 

Tentang Batu Peridot

Batu Peridot merupakan varian dari batu Olivine yang paling berkualitas dan paling indah. Batu ini memiliki beberapa varian warna hijau seperti hijau muda hingga hijau olive. Intensitas warna dari batu ini tergantung dari jumlah besi yang terdapat dalam struktur kimia batu Peridot, semakin banyak zat besi didalamnya maka akan semakin intens warna hijau dari batu ini. Batu Peridot paling diburu adalah yang berwarna hijau olive dengan nuansa kekuning-kuningan. Intensitas warna hijau olive lebih dihargai daripada Peridot yang mempunyai hijau muda ataupun hijau kekuning-kuningan.

 

Sejarah batu ini sangat panjang, terutama dengan ditemukan satu-satunya sumber batu Peridot purba di pulau St. John yang berada di wilayah Laut Merah, Mesir. Namun akhirnya deposit batu purba ini habis karena banyaknya pertambangan, meskipun masih ditemukan deposit Peridot dalam jumlah kecil, namun dunia sudah mengakui bahwa pulau ini sudah kehilangan batu Peridot purba yang sangat langka. Beberapa negara juga diketahui menghasilkan batu eksotis ini seperti China, Afghanistan, Burma dan terutama Pakistan yang merupakan penghasil Peridot dengan kualitas terbaru, berbeda dengan batu-batu Peridot yang pernah ditemukan sebelumnya. Batu Peridot dari Pakistan memiliki karat yang lebih besar, kristal yang hampir tak memiliki cacat sedikitpun yang sangat cocok dijadikan perhiasan. Namun mayoritas dari produksi batu ini adalah bersumber di San Carlos, Arizona, Amerika.

 

Untuk batu Olivine sendiri, kebanyakan ditemukan di permukaan bumi yang memiliki area bebatuan berapi berwarna hitam. Biasanya bebatuan tersebut mengkristal dan membentuk basalt atau gabbro. Biasanya bebatuan tersebut berada di lempeng bebatuan bumi dan di pusat lempengan tektonik.

 

Asal nama dari Peridot tidak terlalu jelas, namun dalam kamus Oxford English menyebutkan sebuah kata yaitu ‘pedoretes’ yang berarti semacam batu Opal. Batu ini juga dihubungkan dengan sebuah kata dari bahasa Arab yaitu ‘faridat’ yang berarti ‘batu’. Pada Tahun 2011 yang lalu, teleskop luar angkasa NASA menemukan ‘hujan bebatuan Olivine’ pada bintang yang sedang berkembang. ‘Hujan batu Olivine’ ini dianggap merupakan sebuah proses pengkristalan partikel pembentuk bintang baru.

 

Kualitas Batu Peridot

Seperti yang telah dijelaskan diatas, Peridot merupakan batu paling berkualitas dari batu jenis Olivine. Yang perlu diketahui adalah Olivine sendiri bukanlah mineral murni, melainkan kombinasi dari mineral Fayalite dan Forsterite. Peridot ini merupakan batu yang mempunyai formula kimia silikat magnesium besi dan merupakan salah satu batu purba di muka bumi. Kualitas warna dari batu ini ditentukan dengan berapa banyak kandungan besi yang terdapat didalamnya, meskipun ada fragmen-fragmen lain yang menghasilkan nuansa warna tertentu pada batu ini.

 

Fakta lainnya dari batu ini adalah tingkat kekerasannya tidak terlalu tinggi dan mampu bertahan dalam sebuah cairan asam. Batu Peridot juga sering di salah artikan sebagai batu Emerald, terutama karena memiliki warna hijau terang, namun indeks biasnya yang sangat kuat membuat batu ini bisa dibedakan. Beberapa batu Peridot memiliki Chatoyancy atau serat berbentuk bintang segi empat. Yang membuat spesial dari batu ini adalah warna yang dihasilkannya merupakan murni dari zat yang ada dalam batu Peridot tersebut, jadi bukan dihasilkan dari zat-zat diluar batu tersebut.

 

gambar artikel batu permata green pridot

 

Batu Peridot asli jika diterangi dengan lampu maka warnanya tidak akan pudar dan masih terlihat stabil. Mayoritas batu Peridot yang ada di market batu dunia adalah berwarna hijau muda dan memiliki range harga yang terlalu fantastis. Sedangkan untuk batu Peridot berwarna hijau gelap, biasanya berharga fantastis dan banyak diburu oleh para gemlovers di seluruh Dunia.

 

Batu Peridot Sebagai Perhiasan

Batu Peridot biasanya berukuran kecil meskipun Peridot yang besar  juga biasanya dipotong terlebih dahulu. Batu ini sangat populer dan merupakan batu yang terjangkau. Batu ini biasanya dibentuk dengan berbagai ukuran dan digunakan di semua jenis perhiasan seperti anting, cincin, kalung ataupun gelang.  Batu ini juga memiliki sifat transparan yang sangat unik, jika Anda mempunyai kesempatan melihatnya secara langsung, maka Anda bisa melihat batu Peridot ini terlihat seperti kaca dan sangat indah dipandang mata.

 

Karena jumlahnya yang melimpah dan harganya yang terjangkau, membuat batu ini menjadi sangat mainstream di arena batu dunia. Meskipun biasanya batu Peridot, khususnya Peridot lama, memiliki inklusi atau serat-serat agak gelap namun batu Peridot yang dijual dewasa ini memiliki sedikit cacat dan kualitasnya sangat bagus. Meskipun sangat populer, namun batu ini tidak terlalu memiliki daya tahan yang baik. Batu permata ini memiliki tingkat kekerasan yang rendah dari batu lainnya, sangat mudah tergores, dan terkadang pecah jika ditekan dengan intensitas tinggi. Batu ini juga relatif sensitif terhadap panas dan perubahan cuaca. Mau itu siang ataupun malam, batu ini tetap memancarkan cahaya yang sangat indah, oleh karena itu sering disebut dengan sebutan ‘Zamrud Malam’. Nama Peridot sendiri bisa dibaca dengan atau tanpa huruf ‘t’ yang merupakan huruf terakhir, namun banyak orang lebih suka menyebutnya dengan ‘Peridot’.

 

Perawatan Batu Peridot

Karena batu ini sangat rentan terhadap gesekan ataupun zat-zat kimia maka treatmentnya pun harus sedikit eksklusif. Batu ini juga bisa meledak dan hancur berkeping-keping jika tidak tahan terhadap gesekan ataupun benturan kuat. Alangkah lebih baiknya, Anda menyimpan batu ini di tempat yang sejuk karena batu Peridot sangat tidak tahan dengan perubahan suhu.

 

Walaupun agak sensitif, namun dalam perawatannya masih sangat simpel. Anda bisa secara rutin membersihkan permukaan batu ini dengan menggunakan lap bersih dan juga air hangat. Pastikan Anda menghindari penggunaan pembersih uap ataupun ultrasonik pada batu Peridot ini. Sama seperti batu lainnya, pastikan saat berolahraga ataupun melakukan aktivitas berat, simpan dulu batu Peridot di tempat aman, hal tersebut untuk menghindari gesekan ataupun kehilangan.

BerbagiShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestEmail this to someone

Batu Peridot – Olivine Berkualitas Tinggi | Toko Batu Permata Online Berkualitas Dean Permata, Indonesia

Tags:

Belum ada Komentar untuk Batu Peridot – Olivine Berkualitas Tinggi

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Batu Permata Lainnya

Analisa Batu Permata Murah dan Batu Permata Mahal

Energy Dispersive X Ray Fluorescence Spectrometer Ditulis pada: 29 July 2016

Batu permata murah merupakan salah satu alternatif bagi mereka yang tidak mampu membeli batu permata natural yang harganya setinggi langit. Beberapa kolektor bahkan bisa menjual batu permata murah dengan harga selangit terutama karena mereka tahu momen-momen yang paling pas untuk... Baca selengkapnya »

Batu Peridot – Olivine Berkualitas Tinggi

gambar artikel batu permata green pridot Ditulis pada: 10 June 2016

  “Batu dari matahari’’ begitulah peradaban Mesir kuno menyebut batu Peridot. Batu ini merupakan salah satu batu paling tua di dunia, terbentuk bermilyar-milyar tahun lamanya. Batu Peridot merupakan batu jenis Olivine yang paling berkualitas. Hingga hari ini, batu Peridot merupakan... Baca selengkapnya »

Batu Tanzanite – Aura Magis dan Menawan dari Tanah Tanzania

artikel batu mulia tanzanite Ditulis pada: 5 June 2016

      Tanzanite merupakan salah satu batu paling ‘berbeda’ dari jenis batu lainnya di dunia. Batu Tanzanite hanya bersumber dari satu tempat di dunia dan tidak bisa ditemukan di tempat lainnya. Berkat auranya yang tidak biasa, membuat batu Tanzanite... Baca selengkapnya »

Batu Tsavorite Garnet – Batu Langka Nan Eksotis

foto artikel batu permata green pendant tsavorite Ditulis pada: 4 June 2016

  Jika Anda sedang mencari batu yang lain dari yang lainnya, maka batu Tsavorite Garnet dapat menjadi pilihan terbaik. Tsavorite ini merupakan batu generasi terbaru dan mempunyai nuansa warna yang sangat khas. Batu ini juga memiliki latar belakang geologis yang... Baca selengkapnya »

Batu Garnet – Batu Eksotis Penuh Warna

foto artikel batu permata garnet Ditulis pada: 3 June 2016

  Batu Garnet merupakan satu dari sekian banyak Batu yang memiliki keindahan luar biasa. Sebagian besar berwarna merah tua, namun tahukah Anda bahwa batu Garnet juga memiliki banyak varian warna dan juga keunikan lainya? Anda dapat menemukan varian Garnet lainnya... Baca selengkapnya »

Partner :

a-logo lab batu permata avianoor b-logo lab batu permata sky c-logo lab batu permata acc d-logo lab batu permata big e-logo lab batu permata gri f-lab batu permata kgl

Alamat Toko Kami :

Dean Batu Permata : Jl. KH. Daeng No.11
Tangnga-Tangnga Kab. Majene - Sulawesi Barat
Indonesia 91411
 
Call / SMS / Whatsapp : +6282 326 326 326
Payment Confirmation : +6282 326 326 326
E-mail : admin@deanpermata.com
 
Sales : Online Setiap Hari (09:00 - 22:00)
Support : Sabtu & Minggu Libur

Belanja Batu Permata? Dengan Kami Saja !

Baca Juga :
artikel batu mulia tanzanite
Batu Tanzanite – Aura Magis dan Menawan dari Tanah Tanzania

      Tanzanite merupakan salah satu batu paling ‘berbeda’ dari jenis batu...

foto artikel batu permata green pendant tsavorite
Batu Tsavorite Garnet – Batu Langka Nan Eksotis

  Jika Anda sedang mencari batu yang lain dari yang lainnya, maka batu...

Close